Rambo Divonis Mati Setelah Menjalani Rumitnya Proses Hukum di Negara Konoha

Oleh : Indra Zulkifli

Logika analitik adalah cabang ilmu logika yang bertujuan untuk menganalisis struktur dan hubungan antara proposisi-proposisi dalam argumen. Logika analitik bertujuan untuk menemukan hubungan-hubungan logis antara proposisi tersebut, sehingga dapat diketahui apakah suatu argumen itu valid atau tidak.

Dalam logika analitik, terdapat beberapa konsep penting yang harus dipahami. Salah satu konsep tersebut adalah konsep proposisi. Proposisi adalah pernyataan yang dapat dianggap benar atau salah. Contohnya, "bumi berputar mengelilingi matahari" adalah sebuah proposisi yang dapat dinyatakan benar atau salah.

Selain itu, terdapat juga konsep operator logika, seperti konjungsi, disjungsi, implikasi, dan negasi. Operator logika ini berguna untuk menghubungkan dua atau lebih proposisi dalam sebuah argumen.

Konjungsi berfungsi sebagai penghubung antar proposisi dan dinyatakan benar jika hubungan antar proposisi itu benar, misalkan “bumi berputar mengelilingi matahari dan terjadilah siang dan malam”, atau misalnya “rambo divonis hukuman mati dan penegakan hukum di konoha terlalu akurat”.

Disjungsi juga merupakan konsep operator logika dalam logika analitik, disjungsi merupakan operator logika yang bersifat antonim dari konjungsi, disjungsi dapat dinyatakan salah jika kedua proposisi tersebut salah, dan jika kedua proposisi itu benar maka disjungsi dinyatakan benar. Misalkan “merokok menyebabkan kanker”, “merokok menyebabkan hamil” disjungsinya adalah “merokok menyebabkan kanker atau merokok menyebabkan hamil”. Mungkin pernyataan di atas sedikit susah dipahami, pernyataan berikut ini mungkin bisa lebih mudah dipahami, “rambo divonis hukuman mati” (penyataan benar), “rambo diberikan identitas baru” (pernyatan benar), disjungsi dalam pernyatan ini yaitu “rambo divonis hukuman mati atau rambo diberikan identitas baru”.

Implikasi adalah sebuah konsep operator logika yang menyatakan penyebab akan berbanding lurus dengan konsekuensi, contoh implikasi yang sering dialami pada kehidupan sehari-hari “jika saya makan nasi maka saya kenyang”.  

Negasi adalah konsep operator logika terakhir yang berfungsi sebagai pembalikan atau ingkaran dari sebuah proposisi, fungsi negasi sendiri yaitu membalikkan penyataan awal dengan tujuan “jawaban tidak selalu benar dengan pernyataan”, konsep negasi selalu kita jumpai dalam kehidupakan kita bahkan di era Politik-sial ini, mungkin kita sering mendengar “semua dalam gedung DPR itu tikus”, padahal tidak semua dalam gedung DPR itu “tikus”, terkadang ada juga yang ayam, kambing, sapi, dan sebagainya, itu merupakan konsep negasi, “semua anggota DPR itu korupsi”, negasi atau kebalikan dari penyataan tersebut adalah “tidak semua anggota DPR itu korupsi”, terkadang ada juga dalam circle DPR yang melawan korupsi dari anggota di sebelahnya.

Dalam logika analitik, terdapat juga konsep kesesuaian antara proposisi dan kenyataan. Proposisi dikatakan benar jika sesuai dengan kenyataan, sedangkan proposisi dikatakan salah jika tidak sesuai dengan kenyataan. Untuk menilai kebenaran suatu argumen, logika analitik menggunakan konsep validitas dan kebenaran premis. Suatu argumen dikatakan valid jika premis-premisnya benar dan kesimpulannya mengikuti secara logis dari premis-premis tersebut. Sebaliknya, suatu argumen dikatakan tidak valid jika premis-premisnya salah atau jika kesimpulannya tidak mengikuti secara logis dari premis-premis tersebut.

Logika analitik juga dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti matematika, filsafat dan ilmu komputer. Dalam matematika, logika analitik digunakan untuk membuktikan teorema-teorema dan membuat algoritma-algoritma. Dalam filsafat, logika analitik berguna untuk membantu dalam penyusunan argumen-argumen logis. Dalam ilmu komputer, logika analitik digunakan dalam desain sistem dan pemrograman komputer.

Kesimpulannya, logika analitik adalah cabang ilmu logika yang berguna untuk menganalisis struktur dan hubungan antara proposisi-proposisi dalam argumen. Dalam hal ini, proposisi adalah pernyataan yang dapat dianggap benar atau salah. Logika analitik berguna untuk menemukan hubungan-hubungan logis antara proposisi tersebut, sehingga dapat diketahui apakah suatu argumen itu valid atau tidak.

Ditulis mulai tanggal 20 Januari 2023.



 

Posting Komentar

0 Komentar