HOMO DEUS : Tuhan Palsu

Eropa abad pertengahan menaruh hormat tinggi pada dekrit-dektrit imperium kuno, dan percaya bahwa semakin tua usia dukumen semakin besar pula otoritas yang dimilikinya. Mereka percaya bahwa para raja dan kaisar adalah wakil tuhan. konstantin, terutama sangat dihormati karena dia mengubah romawi dari sebuah alam pagan menjadi imperium.

lorenzo valla seorang pastur dan pelopor linguistik menerbitkan sebuah studi ilmiah yang membuktikan bahwa donasi kostantin adalah sebuah pemalsuan. dia menunjukan bahwa dokumen itu memasukan kata-kata yang tidak dikenal dalam bahasa latin abad ke-4, dan yang paling mungkin dokumen itu dipalsukan sekitar 400 tahun setelah kematian konstantin. 

Dalam imperium romawi dua konsulat dipilih tiap tahun, sudah menjadi kebiasaan untuk menerapkan tanggal dokumen menurut tahun-tahun konsulat, konstantin dipilih menjadi konsulat keempat pada tahun 315, sedangkan gallicanus dipilih menjadi konsul untuk pertama kali pada tahun 317. jika dokumen yang mahapenting ini benar-benar disusun pada masa kostantin, maka tak mungkin ada kesalahan yang demikain mencolok.



agama kristen sebenarnya tidak bersalah tapi oknum yang memainkannya, pembicaraan isu-isu agama di indonesia adalah hal yang sangat sensitif. Maka oleh karena itu, dalil toleransi antar mazhab perlu dikeluarkan, kata romo Bren.

tokoh pemuka agama seharunya jangan terlalu kuno dalam menyebarkan paham agama, banyak cara yang bisa dilakukan saat berdakwah seperti yang dilakukan oleh gus miftah. bermodal pendekatan emosional gus miftah menyulab master sulab menjadi mu'alaf, berbeda dengan negara yang menghilangkan organisasi HTI, katanya bertentangan dengan ideologi pancasila seharunya negara bijak dalam hal-hal seperti ini, kata kemul.

fenomena-fenomena hari ini persis sama dengan apa yang ditulis oleh harari, kasus yang menimpa abu furaihan bin wahabi disalah satu daerah garis keras cukup mengemparkan. bagaimana tidak dia dicap sebagia wahabi, usut punya usut ternyata wahabi itu mengkritik abu mudi pemimpin salah satu pondok pesantren serta membit'ahkan orang yang berbeda mazhab sehingga menimbulkan kemarahan orang-orang yang beriman. kata mok

ali bin abi thalib berpesan apa yang kalian lakukan sesuai dengan jamannyan, apa yang kita lakukan sekarang pasti akan tercatat. dokumen-dokumen terdaluhu itu adalah bentu dari tesis, dijaman sekarang menjadi antitesis, kemudia memperoleh kesimpulan sintesis, kata restu.

manusia pada hakikatnya perlu sanjungan karena itu, beberapa orang sadar dengan hal tersebut dan memanfaatkan kepintaranya untuk mempengaruhi orang lain untuk kepentingan pribadi. hal-hal seperti ini banyak dipraktekan oleh oknum dalam agama samawi, kata penyurah.

yesus lahir di desa nasara maka para pengikut yesus dikatakan nasrani, yesus tidah pernah mengajak kaumnya untuk menyembahnya. ketika yesus wafat paulus dan gengnya melakukan voting untuk memilih tuhan, hasil voting tersebut menghasilkan nama yesus. tuhan kok di voting? itu ken pemalsuan tuhan, kata god father.

setiap agama pada dasarnya mempunyai tujuannya yang sama dengan jalan yang berbeda-beda tetapi tidak boleh disamakan seperti khatolik dan protestan megitu juga gereja-gereja mengunakan alkitab bahasa lbu. dalam islam juga terdapat perbedaan mazhab kitabnya sama alqur'an, kata dinda

apa yang dianggap baik bagi tuhan belum tentu baik bagi manusia, harari mencoba menggugat tuhan 
dengan membenturkan kitab suci dengan sains. 

hukum ditetapkan oleh pemuka agama dengan dalil-dalil yang jelas, pertanyaan apakan dalil tersebut benar?. 







Posting Komentar

0 Komentar